Saturday, June 6, 2020

6 Tips Ampuh Cara Cepat Berbahasa Inggris

6 Tips Ampuh Cara Cepat Berbahasa Inggris

 

Whatsaap Everyone, Welcome Back!

 

            Menurutku sendiri bahasa adalah kumpulan kalimat yang kita ucapankan melalui mulut untuk dapat dimengerti oleh lawan bicara, atau untuk menyampaikan keinginan dan isi pikiran kita terhadapt suatu hal. Diartikel ini saya tidak akan membahas sejarah tentang bahasa inggris secara detail. Tetapi, saya kan memaparkan Tips yang dapat kalian terapkan dikehidupan sehari-hari agar mahir berbahasa inggris mulai nol.

            Mungkin yang ada dipikiran teman-teman bahasa inggris itu sulit dan banyak hafalan, teks book, grammar,vocabulary, pake she, he, was, dan teori dan teori lagi. Sangat membosankan menurtku pada awalnya. Tetapi, mungkin banyak diantara kita yang memang tidak suka pelajaran bahasa inggris dan bahkan benci jika guru bahasa inggris masuk sekolah. Kalian mungkin do’ain pak guru biar ke kondangan kampung sebelah atau ada rapat penting yang pak guru tidak bisa ditinggal. Kemudian seisi kelas berteriak “HOREEEEEEE JAM KOSONG”. Ookay, kalian mungkin kelewat senang dan mungkin melakukan berbagai hal mulai dari tidur di kelas, ribut sama teman sebangku, ngobrol sama teman, gangguin siswi cewek, mabar sekelas, PDKT sama teman sekelas, kabur ke kantin dan banyak hal lagi.

Source: http://cindyapriliana.blogspot.com
Ilustrasi Suasana kelas pada saat jam kosong


 

            Aku ingin bercerita sedikit tentang bagaimana aku bisa sangat mahir dalam berbahasa inggris. Keluarga besarku sangat gemar mendengarkan musik, mulai dari nenek dan kakekku, ibuku, sepupu orangtuaku intinya seluruh besar keluargaku. Kami mendengarkan musik karena sudah menjadi hobi dari kecil. Mulai dari lagu yang bergendre Pop, Blues, Jazz, Rock samapi Hip hop. Tetapi, dari semua gendre lagu tersebut kami sangat menyukai gendre Hip-hop. Dari kecil aku sudah dinyanyikan lagu bahasa inggris, mulai dari Rihanna, Beyonce, Bon Jovi dan masih banyak lagi.

 

Gambar 1.2 2Pac Shakur gravity

            Ookay mungkin kalian berpikir “Lah yaiyalah dia aja dari kecil udah diajarin bahasa inggris lah gua baru kenal bahasa inggris umur 12”. Aku tau tetapi, selama beberapa tahun aku sempat vakum berbahasa inggris sampai tidak tau bahasa inggris. Menginjak umur 13 Tahun, Aku mulai tertarik kembali dengar bahasa inggris karena ibuku menceritakan musik apa saja kegemaranku dan lagu yang sering diputarkan untukku ketika aku masih bayi. Aku mendegarkan kembali dan akhirnya aku suka dan rindu dengan masa-masa kecilku. Kemudian aku mendownload musik lewat Youtube biar gratis wkwkw. Aku menggunakan Youtube karena banyak pilihan lagu dan sangat mudah didownload, kalian hanya perlu mencari kata kunci pencarian Youtube Converter. Alhasil mulai sejak saat itu sampai sekarang tahun 2020 aku masih suka mendegarkan musik.

 

Inilah beberapa cara yang aku terapkan agar aku cepat mahir dalam berbahasa inggris

 

  • Tontonlah Film Berbahasa inggris menggunakan subtitle Bahasa Inggris

 

            Bagi kalian yang hobi menonton film mungkin kalian menyetel film yang kalian tonton dengan substitle bahasa indonesia. Itu adalah kesalahan besar dalam belajar bahasa inggris bagi pemula. Knapa? Karena setiap ucapan yang dikatakan dalam film tersebut akan muncul subtitle bahasa indonesia. Bagaimana kalian ingin mengerti apa yang diucapkan sang pemain film dalam bahasa inggris. Menurutku belajar bahasa inggris dari film sangatlah cepat membantu dalam pemahaman dan dapat menaggapi bahasa inggris. Dalam film, tidak hanya menyajikan cerita dan efek yang keren dalam film. Tetapi, juga kita dapat belajar bahasa inggris dari sana. Dalam pengucapan bahasa inggris sang aktor tentunya menggunakan bahasa inggris yang sesuai, baik itu pengucapan kata (pronaunciation), grammar, dan vocabulary yang tepat. Untuk itu cobalah untuk menonton film menggunakan bahasa inggris. Saya jamin kalian akan lelbih cepat paham ketimbang kalian belajar secara text book disekolah dan dibuku bahsa inggris kalian.

 

  • Latihlah otak kalian dalam mengingat kosa kata dan pengucapan kata yang benar dalam bahasa inggris



            Setelah kalian menonton film bersubtitle bahasa inggris, latihlah pikiran kalian untuk      menghafal kosa kata bahasa inggris. Kemudian, ucapkankan kata tersebut sesering    mungkin dalam kehidupan sehari-hari. Aku tau tidak mudah, memanglah sulit. Tetapi,            percayalah pepatah mengatakan “ sesuatu permulaan memang sulit” atau “merakit-    rakit dahulu berenang-renag ketepian. Bersakit-sakit dahulu bersenang-senang      kemudian” dan “Bisa karena Biasa”. Itulah beberapa pepatah yang membuat             cambukan semangat untukku dalam bisa mahir berbahasa inggris.

 

  • Cobalah menghafalkan lagu berbahasa inggris

           

            Seperti yang aku sebutkan diatas, aku memulai belajar bahasa inggrisku melalui musik. Jika cara belajar bahasa inggris lewat film tidak ampuh, kalian bisa mengikuti caraku dalam belajar bahasa inggris. Bagi kalian ingin belajar bahasa inggris aku rekomendasiin lagu lagu seperti Rihanna, Justin Bieber, Usher, dan Nelly. Kalau kalian ngak suak dengan musisi yang aku rekomendasiin kalian bisa pilih sendiri lagu berbahaasa inggris sesuka kalian. Kemudian, coba nyanyikan lagu tersebut dengan membaca liriknya. Hal tersebut pasti akan membuat Kalian Cepat Bisa berbahasa Inggris.

 

  • Coba berbicara dengan diri kalian menggunakan bahasa inggris

            Hal ini mungkin terasa agak aneh, karena kita harus berbicara dehngan diri kita sendiri. Jika kita ketahuan berbicara dengan diri sendiri kita dianggap memiliki masalah sakit jiwa. Menurutku tidak, berbicara dengan diri sendiri itu bagiku banyak manfaatnya, kita bisa menegetahui seberapa jauh kemampuan kita dalam berbahasa sebelum praktek langsung ke orang asing. Berbicara dengan diri sendirinya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Cobalah kalian berdiri didepan kaca dan sambil berbicara dengan diri kalian seolah-olah banyangan cermin adalah orang lain. Lakukan kegiatan ini secara rutin, saya yakin hal tersebut akan membuat Anda percaya diri.


  • Ubah Bahasa ditelepone genggam kalian ke bahasa inggris

            Mengubah pengaturan Bahasa dalam telepone kalian dapat meningkatkan vocabulary kalian dalam berbahasa inggris. Sebagai contoh, kalian bisa selalu membaca bahasa inggris setiap kalian membuka handphone. Seperti bahasa inggrisnya hari Kamis, Minggu dan Senin. Jam 3am itu pagi atau sore,4pm 11.34am dan lain-lain.

 

  • Yakinlah Terhadap Kemampuan Diri Kalian Masing-masing Dan Jangan Menyerah.

            Tips yang terakhir yang paling penting adalah optimislah akan belajar. Yakinlah bahwasanya kalin pasti bisa. Bahasa inggris pada hakikatnya sama dengan bahasa indonesia, semakin sering kalian meggunakannya maka kalian akan semkain mahir. Sesungguhnya perjuangan tidak pernah menghiatin hasil. Oleh karena itu, kita harus terus berusaha dan jangan menyerah.

 

 

            Sekianlah blog saya mengenai Tips cara agar mahir menggunakan bahasa inggris. Semoga kalian bisa berbahasa inggris melaui tips yang saya sajikan. Terima kaish telah mengunjungi blog saya, jangan lupa share ke social media kalian agar teman-teman kalian juga bisa jago bahasa inggris kayak kalian

 

I’LL SEE YOU IN THE NEXT BLOG POST HAVE A GREAT DAY EVERYONE!

 

ME ANANDA PUTRA BIMO PEACE OUT!!!

                                                                                   

Previous Post
First

Hai World! May name is Ananda Putra Bimo Prakoso, i know mane is really really long. but, you're guys could call me Ananda or Bimo is fine. I'm just a boy from indonesia and i created this blog beacuse i would like to share my life experience to the world.

1 comment: