Wednesday, July 15, 2020

5 Tips Efektif Menghadapi Ujian agar Pelajaran Melekat dalam otak

 

Hai! Whatsappp! Welcome back!

 

picture 1.1 Setumbuk buku untuk dipelajari

             Nah, karena aku dulu pernah sekolah umum, baik itu PAUD, SD, SMP, dan SMA akupernah mengalami yang namanya Ulangan. Selama SD, SMP aku tidak pernah mendapatkan nilai sempurna yaitu 100 dalam kertas ulangan. Bahkan faktanya, aku ngak pernah serius belajar selama aku sekolah SD dan SMP. Aku selalu mendapatkan rentan nilai 40-80 tidak pernah lebih dari itu. Ketika ujian nasional pada waktu SD, aku sempat belajar serius karena guruku menakut-nakutin aku dan juga teman-teman sekelasku. Bahwa, ketika hasil ujian Nasional (UN) kalian tidak memenuhi standart tertentu maka kalian harus mengulang kembali tahun ajaran lagi A.K.A Tidak naik kelas. Yah, Kemudian aku berhasillah sampai batas standart dan aku melanjutkan sekolah SMP. Di-SMP juga aku ngak pernah belajar, aku hanya mengikuti pelajaran kemudian pulang. Begitu terus-menerus sampai kelas 3 tiga SMP aku baru belajar agar serius kembali. Lagi-lagi aku lulus dengan nilai yang biasa-biasa saja.

 

            Meninjak masuk SMA, ternyata semuanya sangat berbeda. Kenapa? Karena aku masuk SMA swasta dan mereka semua sangat pintar. Otomastis aku harus menyesuaikan diri dengan lingkungan yang baru. Ketika pelajaran matematika waktu itu, guru bertanya kepadaku “Bimo, rumus untuk mencari sisi miring segitiga didepan papan bagaimana?, kata guruku. Kemudian aku menjawab “pake penggaris aja bu!” kataku dengan lantang. Seisi kelas menertawaknku. Guruku bilang “ candaaanmu lucu sekali ya, yang serius kali ini ibu tanya bagaimana caranya?” “ngak tau bu” langsung aku ditertawain lagi sama temanku. Kemudian aku langsung merasa sangat bodoh sekali. Sejak saat itu aku mulai nyicil materi-materi yang aku lewatkan pada masa smp. Selang beberapa bulan, aku belajar dengan giat dan sampai tengah malam. Alhasil, aku merasa aku sudah setara dengan mereka, maksudku aku tidak terlalu bodohlah, aku masih bisa mengikuti alur belajar mereka. Pada Saat itu juga, aku berkata pada diriku memang benar apa kata pepatah “ Tidak ada kata terlambat untuk belajar”. Sampai sekarang, aku masih belajar dan berusaha yang terbaik dalam belajar.

            Ookay-lah Dalam blog ini aku akau memberikan 5 tips efektif saat belajar agar pelaran yang kalian pelajari tetap lengket diotak


  • Pelajari Hal yang Prioritas

        Jika kalian ada pelajaran yang keesokan harinya ada ulangan atau test pelajari hal yang prioritas. Seperti contoh besok ada ulangan Bahasa Inggris dan Matematika, kaliaj tentu prioritaskan yang membutuhkan usaha extra yaitu matematika. Setelah kalian selesai dengan mata pelajaran yang prioritas, lanjutkan dengan mata pelajaran yang kedua, yaitu yang membutuhkan usha lebih kecil dari mata pelajaran yang prioritas. Teknik belajar yang tepat menurut pengalamanku adalah dengan cara mengulangi pelajaran yang kita dapatkan disekolah dengan cara memahami jenis soal dan tahapan dalam menyelesaikannya kemudian carilah jenis soal yang sama dan usahakan tidak melihat buku catatan kalian.
picture 1.2 Belajar untuk mengadapi ulangan

  • Tanamkan Prinsip Study Smart Not Study hard

        Study hard adalah teknik belajar yang mengerahkan seluruh waktu dan tenaga kalian sampai leleah dengan tujuan agar dapat menguasai materi yang akan diujikan besok harinya. Menurutku sendiri, Teknik belajar study hard tidak sealau ammouh dan dapat diterapkan sepetuhnya oleh siswa dan siswi. Karena itu hanya memebuang-buang waktu dan tenaga kalian malah, hal tersebut akan menyebabkan kalian tidak folus dalam menghadapi ujian. Tanamkanlah prinsip study smart dimana kalian mempelaji pelajaran cukup dengan 40 menit per mata pelajaran dan buat posisi belajar kalian senyaman mungkin dan usahakan tidak ada hal yuang memecah konsentrasi kalian saat belajar seperti notifiklasi dari hp yang berbunyi.

picture 1.3 bealajar pintar vs belajar giat
  • Carilah teknik mengingat dengan cara kalian sendiri

        Menghafal memenag tidak semudah membalikkan telapak tangan wkw. Apalagi pelajaran yang perlu dihafal dan dipresentasikan sepeerti Sejarah Indonesia, Biology, PKN dan pelajaran lainnya. Dalam mengahadapi mata pelajaran yang memebutuhkan ingatan yang kuat sebaiknya, kalian mancari teknik mengingat kalian sendiri dalam mengingat kembali materi yang disampaikan oleh guru kalian. Seperti jika kalian lebih hafal saat saat tertentu ataupun sedang mendengerkan musik ketika belajar. Sepengalaman saya jika saya ingin mengingat sesuatu materi pelajaran saya mengkaitkan pelajaran tersebut dikehidupan sehari-hari saya. Seperti contoh Gol.1 Kimia Unsur terdapat enam usnur yaitu, Litium, Natrium, Kalium, Rubidium, Cesium, Fransium. Klaian bisa mneggunakan teknik seperti ini: LIna Kawain RoBi CeSi FRustasi. Setiap awal kata terdapat nama unsur.

Picture 1.4 Carilah teknik mengingat versi kalian sendiri

  • Stabilkan Mood Kalian Saat Belajar

Picture 1.5 Stabilkan mood klaian dalam belajar

            Saat berada di depan buku, sulit ntuk mengalihkan seluruh fokus kita ke pelajaran yang akan kita pelajari karena berbagai faktor. Seperti notifikasi hp, lingkungan yang tidak mendukung untuk belajar, cuaca yang tidak sesuai, sarana yang tidak mendukung dan lain-lain. Hal tersebut dapat diatasi dengan cara menstabilkan mood kalian saat dalam situasi tertentu. Mood sangat bergantung pada diri kitadan berusahalah untuk mengatasi unstabile Mood. Jika kalian tidak bisa menstabilkan mood kalian yang naik turun, maka akan sulit untuk bisa belajar dan fokus. Jika kalian senang otomatis semuanya akan terasa ringan dan mudah tergantung prespektif kita dan yakinlah, bahwa klian pasti bisa belajar walaupun dalam konsidi bagaimanapun.

  • Jangan Pakai Metode SKS

Picture 1.6 Belajar semalam tidak menjamin lulus ujian

            SKS (Sistem Kebut Semalam) adalah metode belajar yang mengerahkan seluruh waktu dan tenaga untuk belajar semalaman karena ingin memiliki waktu lebih untu k belajar agar keesokan harinya mereka dapat mengerjakan ujian/ ulangan dengan baik. Menurutku hal tersebut tidak benar, karena belajar adalah saat dimana kita mendapatkan ilmu baru diwaktu tertentu dan saat kondisi tubuh kita prima sat menerima ilmu. Sistem SKS malah akan membuat kalian kelelahan dan tidak mendapatkan ilmu sama sekali. Saranku kalian jangan menggunakan metode belajar ini karena tidak membawa manfaat, hanya membuang-bunag waktu dan tenaga kalian. Kunci untuk dapat mengadapai ujian adalah dengan belajar beberapa hari sebelum ujian diselenggarakan dan jaga stamina/ kesehatan kalian teteap prima agar tetap fokus saat mengahadapi ujian.
           

    Sekian tips mengenai 5 Tips Efektif Menghadapi Ujian agar Pelajaran Melekat dalam otak. Semoga bermanfaat!!!

Ananda Putra Bimo Peace OuT!!!!

             

Previous Post
Next Post

Hai World! May name is Ananda Putra Bimo Prakoso, i know mane is really really long. but, you're guys could call me Ananda or Bimo is fine. I'm just a boy from indonesia and i created this blog beacuse i would like to share my life experience to the world.

0 komentar: